Materi Bahasa Inggris (Wajib) Kelas XI Smt 1, Kurikulum
2013
1. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan
pikiran serta responnya. (2x3jp)
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
menyatakan
pendapat/pikiran
I think …
I suppose...
In my opinion …
Unsur Kebahasaan
Ucapan, tekanan kata, intonasi
2. Teks lisan dan tulis untuk
memberi saran dan tawaran dan responnya. (2x2jp)
Fungsi Sosial
· Menjaga hubungan interpersonal dengan guru,
teman, dan orang lain
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t youtalk to your
parents?
What
about seeing a doctor now?
You
should let them know.
You
can use my PC.
Do
you need any help?
Unsur kebahasaan
(1)
Kata kerja terkait dengan pemberian saran atau tawaran
(2)
Preposition + verb ing
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan
proaktif
3. Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta responnya. (2x2jp)
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan
orang lain
Ungkapan:
harapan dan doa
- I hope …
- I
wish you all the best. Thank you.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
4. Teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips). (3x2jp)
Tujuan komunikasi :
menyelesaikan pekerjaan, secara lengkap dan urut.
Struktur
menyebutkan bahan/bagian dari benda yang dipaparkan
secara lengkap, serta daftar langkah yang dilakukan
Unsur Kebahasaan
(1) simple present tense
(2) imperative,
(3) Nomor yang menyatakan urutan
(4)kata keterangan
(5) ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi.
5. Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi
sederhana (3x2jp)
Fungsi Sosial
Mengundang
secara resmi
Struktur
Lisan
-
Would
you like to join us to our art exhibition
Tulis
-
You are invited to the graduation party
-
We
would like to invite you to the wrap up meeting.
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata dan tata bahasa baku
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Rujukan kata
6. Surat pribadi sederhana. (3x2jp)
Fungsi Sosial
·
Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar
pribadi kepada teman secara tertulis
·
Memberi informasi kepada teman
Struktur
a.
Date
b.
Salutation: Dear ....
c.
Opening paragraph: Greetings, memberi
kabar keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan
d.
Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
e.
Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali
f.
Signature
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata dan tata bahasa
baku
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)
Rujukan kata
simple present, simple past,
ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang
jelas dan rapi
Evaluasi: 4x2jp
Jumlah pertemuan: 19x2jp
Materi Bahasa Inggris (Wajib) Kelas XI Smt 2, Kurikulum
2013
1. Tindakan/kegiatan/kejadian
tanpa perlu menyebutkan pelakunya
(Passive Voice) (3x2jp)
Fungsi Sosial
menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya
Struktur Teks
Insects are
considered dangerous animals.
Tsunami is caused
by earthquake affecting the seabed.
Unsur kebahasaan
(1) Kata
kerja be (is/ am/ are/ was/ were) dan verb 3rd form.
(2) tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu
melibatkan pelakunya
2. Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh
terkenal. (2x2jp)
Fungsi Sosial
Meneladani,
membanggakan, bertindak teratur,
teliti dan disiplin, melaporkan
Struktur
a.
Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b.
Menyebutkan urutan
tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.
Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur Kebahasaan
- Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup,
profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak
dibicarakan.
- Simple, Continuous, Perfect tense
- Penyebutan kata benda
Modal auxiliary verbs
3. Pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang
akan datang
Conditional Sentence. (3x2jp)
Fungsi Sosial
Menyatakan
dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Struktur Teks
-
If teenagers eat too much fast food, they can easily become overweight.
- If you excercise regularly,
you will get the benefit physically and mentally
Unsur Kebahasaan
- If Clauses dalam simple present
- Main Clause dengan modals can/ will
Topik:
Berbagai hal
terkait dengan mengandaikan keadaan/ kejadian/ peristiwa diwaktu yang akan
datang
4. Teks eksposisi analitis. (3x2jp)
Fungsi Sosial
Menyatakan
pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a. Menyebutkan pokok permasalahan
terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b. Menyebutkan pandangan / pendapat
mengenai hal tersebut beserta ilustrasi sebagai
pendukung
c. Diakhiri dengan
kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
- Kalimat Simple Present
- Conditional Clauses
Modals
5. Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda, binatang dan
gejala/peristiwa alam. (3x2jp)
Fungsi sosial
a)
Mengamati alam
b)
Menulis paparan
ilmiah mengenai benda,binatang dan gejal/ peristiwa alam
Struktur
- Klasifikasi
Umum tentang binatang/ benda yang ditulis, e.g.
Slow loris is a mammal. It is found in ... It is a nocturnal
animal. It is very small with ....
- Penggambaran mengenai bagian, sifat dan tingkah
lakunya
Unsur kebahasaan
- Simple Present
- Kata kerja yang menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam (be, have etc)
- Kata sifat
- Berbagai kata benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang
diamati
- ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Rujukan kata
6. Lagu (2x2jp)
Fungsi sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
· Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
· Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang
menginspirasi.
Evaluasi:
3x2jp
Jumlah
Pertemuan: 19x2jp
Materi Bahasa Inggris Kelas XI (Peminatan)
Smt 1, Kurikulum 2013
1.
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan untuk
menyatakan pendapat dengan penjelasan
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
lain
Struktur teks
Mengucapkan ungkapan untuk
menyatakan pendapat dengan penjelasan.
a. I think …,
because …
b.
I suppose...
c.
In my opinion …
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa
selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
2. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ungkapan menyarankan untuk melakukan atau tidak
melakukan sesuatu
Fungsi
sosial
untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan
orang lain
Struktur
Teks
Menyarankan untuk melakukan sesuatu:
a. You’d better finish your work,
because...
b. / You should protect our forest as it ....
c. If I were you, I would
....
Menyarankan untuk tidak melakukan sesuatu:
a. You should not litter as it will ..
b. If I were you, I would
never kick the animal, because ...
c. I don’t think you should ....
d. In my opinion, we’d better not..
Unsur Kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
3.
Teks
lisan untuk menelpon dan menerima telpon dalam membuat
perjanjian dan reservasi
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
lain
Struktur teks
a.
Hello, may I
talk to …
b.
Hello I’m
Firda. I would like to …..
c.
Hello, this is
…., what can I help you?
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru, siswa dan
orang lain selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
4. Teks khusus, lisan dan tulis,
berbentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
Fungsi sosial
Mempromosikan
kegiatan, program, tokoh, dsb., dengan baik agar menarik perhatian khalayak
sasaran.
Struktur teks
Ungkapan yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik:
brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
Unsur
kebahasaan
(1)
Kata
dan tata bahasa yang lazim
(2)
Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
rujukan
kata
Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai
5. Teks lisan dan tulis dengan pewatas
berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian.
(Noun
Modifiers)
Fungsi
sosial
Menyatakan benda dengan pewatas berupa
sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian untuk memberi informasi tambahan.
Struktur
teks
a. The tool that can cut the grass is a land mower
b. The person, who makes these statues, is a sculpture
c. The man, whose car is parked outside, has a handsome son.
d. The place, where I was born, has changed a lot
Unsur Kebahasaan
(1). Pewatas (Modifiers):
Which/
that: untuk memberikan keterangan/gambaran mengenai benda/ pernyataan
Who: untuk memberi informasi tambahan mengenai orang
Whose: memberi informasi tambahan tentang
kepemilikan
Where: memberi informasi tambahan mengenai
tempat
(2). Relative
Clauses: kalimat dengan pewatas
(3). Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
Topik:
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
kelas.
6.
Teks
lisan dan tertulis factual report tentang orang, binatang, benda,
gejala dan peristiwa alam dan sosial
Fungsi
sosial:
Menguraikan
gambaran umum tentang gejala alam, sosial, dan benda-benda buatan manusia,
secara objektif dan ilmiah.
Struktur
a.
Penyebutan
jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan
b.
Deskripsi
obyek termasuk nama, sifat dan perilaku
yang umum ditemukan/ dilihat.
Unsur
kebahasaan
(1)
Penyebutan
kata benda umum, singular dan plural
(2)
Kalimat
dengan noun modifiers
(3)
Penamaan
dengan istilah ilmiah.
(4)
Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5)
Rujukan
kata
Topik
Benda, binatang dan gejala/peristiwa alam terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XI
7. Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan
satu Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan
satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang
(Present Perfect Continuos Tense)
Fungsi
Sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/ kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan
dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang
Struktur
teks
a.
The boys have been practising
the music for almost two hours.
b.
The government has been
introducing the new policy for a month.
Unsur
Kebahasaan
(1) Kalimat Present Perfect Continuous
(2) tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran,
di dalam maupun di luar kelas.
8. Teks
biografi tentang tokoh terkenal
Fungsi sosial
Meneladani
tokoh dalam hal pemikiran, kepahlawanan, keberhasilan, dsb.
Struktur text
a.
Penyebutan nama orang, dan latar
belakang yang kripsikan
b.
Penyebutan sifat dan ciri fisik dari
orang yang dideskripsikan
c.
Penyebutan tindakan dan keteladanan
dari orang terkenal
d.
Kata-kata
terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja,
kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
Unsur kebahasaan
Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup,
profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan
(1)
Simple,
Continuous, Perfect tense
(2)
Penyebutan
kata benda
(3)
Modal
auxiliary verbs.
(4)
Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(5)
Rujukan
kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
9.
Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini
(Present Conditional)
Fungsi
Sosial
Menyatakan
persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu untuk menyatakan penyesalan.
Struktur
teks
a.
The students could finish their project today, if they worked
very hard.
b.
I would visit you if I did not have this work
Unsur
Kebahasaan
(1) Kallimat pengandaian/ if clause diawali If..dengan kondisi dalam bentuk Past
Tense diikuti Main Clause dengan would/could dan kata kerja present.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
kelas.
10.
Pengandaian
terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau
(Past Conditional)
Fungsi
sosial
·
Menyatakan dan menanyakan pengandaian
terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau
·
Penyesalan
Struktur
Teks
The lanslide would not have happened, if
they hadn’t cut the trees excessively
Unsur
Kebahasaan
(1)
Kalimat pengandaian/ If Clause dengan kata
kerja dalam bentuk Past Perfect
(2)
Main Clause dengan modals Past dan kata
kerja Perfect tense
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
kelas.
11.
Teks
lisan dan tulis eksposisi hortatori tentang topik yang hangat dibicarakan umum
Fungsi
Sosial
Menyatakan
pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a.
Menyebutkan
pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b. Menybutkan
pandangan / pendapat mengenai permasalahan
tersebut beserta ilustrasi sebagai
pendukung
c. Diakhiri
dengan jalan keluar/ solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan
tersebut
Unsur Kebahasaan:
(1) Kalimat Simple
Present
(2) Conditional
Clauses
(3) Modals
(4)
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan
kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
12.
Teks
lisan dan tulis dalam bentuk cerita pendek
Fungsi
Sosial
Menghibur pembaca dengan alur cerita yang
menarik
Struktur
teks
a. Latar belakang cerita
(pengenalan tokoh, setting cerita)
b. Permasalahan diantara tokoh dalam cerita
c. Jalan keluar dari masalah
Unsur
Kebahasaan
(1)
Kalimat kalimat dalam Simple Present/ Past
Tense dan Continuous
(2)
Kata kata sifat terkait dengan tokoh
cerita
(3)
Kata sambung
(4)
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan
kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi guru
dan siswa didalam dan diluar kelas
13.
Proverb, riddle,
dan poem
Fungsi Sosial
Riddles:
menghibur dengan kejenakaan
Proverbs: melestarikan nilai kehidupan yang bijak
Poem: menghibur
dan menghargai karya sastra
Struktur Teks
a.
Riddles: What
has four legs but cannot wallk? Table
b.
Proverbs:Every
cloud has a silver lining
c.
Poems: Kalimat
lepas yang mempunyai sajak/ irama
Unsur Kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan, dan tata bahasa yang
baku dalam proverb, puisi, dan teka-teki
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku santun, peduli, cinta damai, dan tanggung jawab.
14.
Lagu
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata,
ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)
Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi
Evaluasi: 3x3jp
Jumlah pertemuan: 19x3jp
sangat membantu terima kasih
BalasHapussemoga bisa kembali memposting hal berguna lainnya, keep doing it ....
Thank you very nich
BalasHapusSalam, ID Harvest
Thanks a lot mas / mbak ..
BalasHapus