Materi
Bahasa Inggris (Wajib) Kelas X smt 1, Kurikulum 2013
1.
Teks lisan dan tulis
sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri. ( 3x2jp)
Fungsi sosial
Menjalin
hubungan dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan
My name
is... I’m ... I live in ... I have … I like …. dan semacamnya
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan
kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
(2)
Kata kerja dalam simple present tense: be, have
dalam simple present tense
(3)
Kata tanya What?
Who? Which?
(4)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan
yang rapi
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.
2.
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal. (3x2jp)
Fungsi sosial
Membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur text
(1)
Penyebutan nama orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
(2)
Penyebutan sifat orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal dan bagiannya, dan
(3)
Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang,
tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
yang semuanya
sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
(2)
Kata sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal
(3)
Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan.
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku
toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
3.
Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya. (2x2jp)
(Past Simple dan Present Perfect Tense)
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/
kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
Struktur teks
I hollered farewells to my friends and poured myself into
the car
My friend has prepared
everything before we left
Unsur
kebahasaan
(1)
Past Simple, Present Perfect
(2) Tata bahasa, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal
terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
dalam maupun di luar kelas.
4.
Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana. (3x2jp)
Fungsi sosial
Meneladani
nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
a.
Pengenalan tokoh dan setting
b.
Komplikasi terhadap tokoh utama
c. Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(1)
Kata-kata terkait
karakter, watak, dan setting dalam legenda
(2) Modal auxiliary verbs.
(1)
Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
(6)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
5.
Teks lisan dan tulis untuk memuji
bersayap (extended) serta responnya.
(2x2jp)
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
“Excellent! You really did it well, Tina.” “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It
was great. I like it, thank you,”
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
6.
Teks tulis berbentuk announcement
(pemberitahuan). (2x2jp)
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau
petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa,
kepala sekolah, dan staf administrasi
Struktur Teks
Ungkapan
yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan
runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda
baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan
tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat
tampilan teks lebih menarik
Evaluasi 4x2jp
Jumlah pertemuan: 19x2jp
Materi
Bahasa Inggris (Wajib) Kelas X smt 2, Kurikulum 2013
1. Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat
melakukan sesuatu. (3x2jp)
Fungsi Sosial
Menyatakan rencana
Struktur Teks
‘I’d like to
tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend
Unsur Kebahasaan
Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
2. Teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa. (3x2jp)
Fungsi sosial
Meneladani,
membanggakan, bertindak teratur, teliti
dan disiplin, melaporkan.
Struktur
a.
Menyebutkan tindakan/
peristiwa/kejadian secara umum
b.
Menyebutkan urutan tindakan/
kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.
Jika perlu, ada kesimpulan
umum.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme
dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
(2)
Penyebutan kata benda
(3)
Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang
perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin.
3. Teks lisan dan tulis untuk
menunjukkan perhatian (care). (2x2jp)
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
Ungkapan untuk
memberi perhatian dan cara meresponnya: You
look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
4. Teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended) (2xjp)
Fungsi Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Struktur text
Ungkapan
baku dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata dan tata bahasa baku
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku peduli dan cinta damai.
5. Teks
naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana. (3x2jp)
Fungsi sosial
Meneladani
nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
d.
Pengenalan tokoh dan setting
e.
Komplikasi terhadap tokoh utama
f. Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(3)
Kata-kata terkait
karakter, watak, dan setting dalam legenda
(4) Modal auxiliary verbs.
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(7)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
(8)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
6. Lagu sederhana (2xjp)
Fungsi sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni
berbentuk lagu.
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.
Evaluasi 4x2jp
Jumlah pertemuan: 19x2jp
Materi Bahasa Inggris Kelas X (Peminatan)
Smt 1, Kurikulum 2013
1. Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur
teks
Mengucapkan
ungkapan
ajakan melakukan suatu tindakan.
Let’s play game! , Why don’t you join the
contest? Shall I finish this job? Shall we have dinner tonight?
Unsur
kebahasaan
Kosa kata,
tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal
terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
dalam maupun di luar kelas.
2. Teks recount,
lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah. (3x3jp)
Fungsi sosial
Menguraikan
langkah-langkah tindakan dan kejadian dalam bentuk laporan kerja dan tentang
peristiwa bersejarah, untuk mempertanggung-jawabkan, meneladani, dan mendapatkan pelajaran berharga.
Struktur
teks
(1)
Orientasi: menyebutkan tujuan dan langkah-langkah
tindakan dan kejadian secara umum
(2)
Uraian tindakan/kejadian secara berurut dan runtut
(3)
Penutup (seringkali ada): komentar atau penilaian umum.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kata-kata terkait dengan kegiatan siswa dan kejadian bersejarah yang banyak
dibicarakan.
(2)
Past: Simple, Continuous, Perfect tense
(3)
Adverbial dan frasa presposisional yang menyatakan waktu,
cara, dsb.
(4)
Ucapan, rujukan kata tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Kegiatan siswa
dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran lain, dan peristiwa sejarah,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang,
percaya diri, tanggung jawab, disiplin.
3. Formulir isian yang digunakan
di perusahaan, bank, instansi, dll. (2x3jp)
Fungsi sosial
Memberikan data yang jelas
Struktur Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks iklan
barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang tepat, penulisan dengan tulisan tangan
atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih
menarik
4. Teks narrative lisan dan tulis berbentuk cerita pendek. (3x3jp)
Fungsi Sosial
Memperoleh
hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral melalui cerita pendek
Struktur teks
a.
Orientasi: menyebutkan tempat dan waktu dan
memperkenalkan tokoh-tokohnya
b.
Evaluasi: terhadap masalah yang dihadapi tokoh
c.
Komplikasi: muncul krisis
d.
Resolusi: krisis berakhir secara baik atau tidak baik
bagi tokoh
Unsur kebahasaan
(1)
Will dengan simple, continuous, dan
perfect tense
(2)
Adverbia penghubung waktu.
(3)
Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu.
(4)
Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Cerita
yang memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai,
bertanggung jawab.
5. Teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ungkapan simpati. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan
I
am sorry to hear that. Poor you!
Unsur
kebahasaan
Kosa kata,
tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal
terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
dalam maupun di luar kelas.
6. Teks lisan dan tulis tentang menyatakan
dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai
dengan konteks penggunaannya.(2x3jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur
teks
Dewi is too
weak to walk alone. Munandar is qualified enough to have that job.
Unsur
kebahasaan
(1) Kata penghubung sebab akibat (cause & effect) Too
and enough,
(2) ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran,
di dalam maupun di luar kelas.
7. Teks tulis iklan barang, jasa, dan
kegiatan (event) di media massa.
(2x3jp)
Fungsi sosial
Membujuk orang lain untuk membeli/memakai barang/jasa dan menonton/mengikuti
kegiatan (event)
Struktur Teks
Ungkapan
yang lazim digunakan dalam teks iklan
barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda
baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan
tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih
menarik
Evaluasi: 3x3jp
Jumlah pertemuan: 19x3jp
Materi
Bahasa Inggris Kelas X (Peminatan) Smt 2, Kurikulum 2013
1. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi di waktu (Will dengan
Simple, Continuos, Perfect Tense). (2x3jp)
Fungsi sosial
Menyatakan
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang
Struktur
teks
You will meet
her soon. She will be waiting for you there, .My classmate will have been here
by the time you arrive.
Unsur
kebahasaan
(1) Will
dengan simple, continuous, dan perfect tense
(2) ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran,
di dalam maupun di luar kelas.
2. Teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam (2x3jp)
Fungsi Sosial
Menjelaskan
terjadinya gejala alam dan sosiokultural secara ilmiah
Struktur teks
a.
Pernyataan umum yang meyakinkan tentang gejala alam atau
sosiokultural.
b.
Serangkaian penjelasan tentang mengapa dan bagaimana
gejala yang dimaksud terjadi.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata-kata dan ungkapan terkait dengan gejala alam dan
gejala sosiokultutal pada umumnya, biasanya juga bukan tentang orang
(2)
Berisi serangkaian tindakan dan deskripsi benda-benda
yang terlibat
(3)
Kata kerja dalam present tense dan past tense: simple,
conitnuous, perfect.
(4)
Passive Voice sering digunakan
(5)
Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu dan sebab
akibat.
(6)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(7)
Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Gejala
alam dan gejala sosiokultural yang lterkait dengan mata pelajaran lain di Kelas
X, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta
damai, bertanggung jawab.
Multimedia
Foto,
gambar, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
3. Perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan
teks explanation (2x3jp)
Fungsi Sosial
Menentukan
perbedaan dan persamaan berbagai jenis teks
Struktur teks
a.
Perbedaan fungsi social, struktur dan
unsur kebahasaan
b.
Persamaan dalam unsur bahasa
Unsur kebahasaan
(1)
Keterkaitan antara dua benda/kegiatan
(Both…and, Neither…nor)
(2)
Kalimat sederhana.
(3)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
Topik kalimat
Diri
sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya.
4. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan (2x3jp)
Fungsi sosial
Menyatakan
hubungan satu dengan yang lain
Struktur
teks
Both Andi and
Joko have come to join the contest. Deni is not only good person but also
generous. Either Roni or Iwan will participate in the game…….
Unsur
kebahasaan
(1) Kata penghubung (pair
conjunction) Both ... and; not only ... but also; either ...
or; neither ... nor.,
(2) tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara
guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
5. Teks lisan dan tulis tentang
menyatakan keterkaitan/sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menjelaskan
keterkaitan (sebab/akibat) suatu kejadian/peristiwa
Struktur
teks
Farid didn’t
go to school because of the rain. Jehan can speak English well do to learning
contextually. Please say thank to your manager.
Unsur
kebahasaan
(1) Kata penghubung sebab akibat (cause & effect)
(Becuase of ..., due to ..., thanks to ...tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara
guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas
6. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan
tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau (2x3jp)
Fungsi
sosial
Menyatakan
dan menanyakan keharusan untuk menyarankan dan mengingatkan.
Struktur
teks
You should
take a rest because you will have a test tomorrow. Anggi should have booked the
ticket in advance.
Unsur
kebahasaan
Kata kerja
modal should
dengan simple, continuous, dan perfect tense; tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran,
di dalam maupun di luar kelas.
7. Ungkapan Proverb tulis dan lisan. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menyatakan
kebenaran dan memberi kan nasehat atau pesan moral dan teka teki
.
Struktur teks
Ungkapan
baku dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan, dan tata bahasa yang baku dalam proverb
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, rujukan kata, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
8. Lagu (2x3jp)
Fungsi sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan,
dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, rujukan kata, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku yang menginspirasi.
Evaluasi:
3x3jp
Jumlah
pertemuan: 19x3jp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar