Jumat, 13 Juni 2014

Materi Bahasa Inggris Kls X SMA Kur. 2013



Materi Bahasa Inggris (Wajib) Kelas X smt 1, Kurikulum 2013

1.    Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri. ( 3x2jp)
Fungsi sosial
Menjalin hubungan dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan
My name is... I’m ... I live in ... I have … I like ….  dan semacamnya
Unsur kebahasaan:
(1) Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
(2) Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense
(3) Kata tanya What? Who? Which?
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
(5) Rujukan kata
Topik
   Keteladanan tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.

2.    Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal. (3x2jp)
Fungsi sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur text
(1)   Penyebutan nama orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
(2)   Penyebutan sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya, dan
(3)   Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(2)   Kata sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(3)   Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5)   Rujukan kata
Topik
   Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.

3.    Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau  yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya. (2x2jp)
(Past Simple dan Present Perfect Tense)
Fungsi sosial
   Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
Struktur teks
I hollered farewells to my friends and poured myself into the car
My friend has prepared everything before we left
Unsur kebahasaan
(1)   Past Simple, Present Perfect
(2)  Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
4.    Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana. (3x2jp)
Fungsi sosial
Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
a.  Pengenalan tokoh dan setting
b.  Komplikasi terhadap tokoh utama
c.   Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(1) Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
(2) Modal auxiliary verbs.
(1) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(6) Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
5.    Teks  lisan dan tulis untuk memuji bersayap (extended) serta responnya. (2x2jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
 Excellent! You really did it well, Tina.”  “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It was great. I like it, thank you,”
Unsur kebahasaan:
   Ucapan, tekanan kata, intonasi
6.    Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan). (2x2jp)
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa, kepala sekolah, dan staf administrasi
Struktur Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik

Evaluasi 4x2jp

Jumlah pertemuan: 19x2jp



Materi Bahasa Inggris (Wajib) Kelas X smt 2, Kurikulum 2013

1. Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu. (3x2jp)
Fungsi Sosial
    Menyatakan rencana  
Struktur Teks
    ‘I’d like to tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend
Unsur Kebahasaan
   Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
2. Teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa. (3x2jp)
Fungsi sosial
Meneladani, membanggakan,  bertindak teratur, teliti dan disiplin, melaporkan.
Struktur
a.   Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b.   Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.   Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur kebahasaan
(1)    Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
(2)    Penyebutan kata benda
(3)    Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(5)     Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin.
3. Teks  lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care). (2x2jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
Ungkapan untuk memberi perhatian dan cara meresponnya: You look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
4. Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended) (2xjp)
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Struktur text
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata dan tata bahasa baku
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.
5. Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana. (3x2jp)
Fungsi sosial
Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
d.  Pengenalan tokoh dan setting
e.   Komplikasi terhadap tokoh utama
f.    Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(3) Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
(4) Modal auxiliary verbs.
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(7) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(8) Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
6. Lagu sederhana (2xjp)
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

Evaluasi 4x2jp
Jumlah pertemuan: 19x2jp





Materi Bahasa Inggris Kelas X (Peminatan) Smt 1, Kurikulum 2013


1.  Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
Mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan.
   Let’s play game! , Why don’t you join the contest? Shall I finish this job? Shall we have dinner tonight?
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

2. Teks recount, lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah. (3x3jp)
Fungsi sosial
Menguraikan langkah-langkah tindakan dan kejadian dalam bentuk laporan kerja dan tentang peristiwa bersejarah, untuk mempertanggung-jawabkan, meneladani, dan mendapatkan pelajaran berharga.
Struktur teks
(1)    Orientasi: menyebutkan tujuan dan langkah-langkah tindakan dan kejadian secara umum
(2)    Uraian tindakan/kejadian secara berurut dan runtut
(3)   Penutup (seringkali ada): komentar atau penilaian umum.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata-kata terkait dengan kegiatan siswa dan kejadian bersejarah yang banyak dibicarakan.
(2)   Past: Simple, Continuous, Perfect tense
(3)   Adverbial dan frasa presposisional yang menyatakan waktu, cara, dsb.
(4)   Ucapan, rujukan kata tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran lain, dan peristiwa sejarah, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin.

3. Formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll. (2x3jp)
Fungsi sosial
Memberikan data yang jelas 
Struktur Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang tepat, penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik

4. Teks narrative lisan dan tulis berbentuk cerita pendek. (3x3jp)
Fungsi Sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral melalui cerita pendek
Struktur teks
a.    Orientasi: menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya
b.    Evaluasi: terhadap masalah yang dihadapi tokoh
c.     Komplikasi: muncul krisis
d.    Resolusi: krisis berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh
Unsur kebahasaan
(1)   Will dengan simple, continuous, dan perfect tense
(2)   Adverbia penghubung waktu.
(3)   Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu.
(4)   Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Cerita yang memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai, bertanggung jawab.

5. Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan simpati. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan
I am sorry to hear that. Poor you!
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
   Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

6. Teks lisan dan tulis tentang menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya.(2x3jp)
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
Dewi is too weak to walk alone. Munandar is qualified enough to have that job. 
Unsur kebahasaan
(1) Kata penghubung sebab akibat (cause & effect) Too and enough,
(2)  ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

7. Teks tulis iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa. (2x3jp)
Fungsi sosial
Membujuk orang lain untuk membeli/memakai barang/jasa dan menonton/mengikuti kegiatan (event)
Struktur Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik


Evaluasi: 3x3jp

Jumlah pertemuan: 19x3jp



Materi Bahasa Inggris Kelas X (Peminatan) Smt 2, Kurikulum 2013

1. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu (Will dengan Simple, Continuos, Perfect Tense). (2x3jp)
Fungsi sosial
Menyatakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
Struktur teks
You will meet her soon. She will be waiting for you there, .My classmate will have been here by the time you arrive.
Unsur kebahasaan
(1) Will dengan simple, continuous, dan perfect tense
(2)  ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

2. Teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam (2x3jp)
Fungsi Sosial
Menjelaskan terjadinya gejala alam dan sosiokultural secara ilmiah
Struktur teks
a.    Pernyataan umum yang meyakinkan tentang gejala alam atau sosiokultural.
b.    Serangkaian penjelasan tentang mengapa dan bagaimana gejala yang dimaksud terjadi.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata-kata dan ungkapan terkait dengan gejala alam dan gejala sosiokultutal pada umumnya, biasanya juga bukan tentang orang
(2)   Berisi serangkaian tindakan dan deskripsi benda-benda yang terlibat
(3)   Kata kerja dalam present tense dan past tense: simple, conitnuous, perfect.
(4)   Passive Voice sering digunakan
(5)   Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu dan sebab akibat.
(6)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(7)   Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Gejala alam dan gejala sosiokultural yang lterkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai, bertanggung jawab.
Multimedia
Foto, gambar, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik

3. Perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation (2x3jp)
Fungsi Sosial
Menentukan perbedaan dan persamaan berbagai jenis teks
Struktur teks
a.    Perbedaan fungsi social, struktur dan unsur kebahasaan
b.    Persamaan dalam unsur bahasa
Unsur kebahasaan
(1)   Keterkaitan antara dua benda/kegiatan (Both…and, Neither…nor)
(2)   Kalimat sederhana.
(3)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
Topik kalimat
Diri sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya.

4. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan (2x3jp)
Fungsi sosial
Menyatakan hubungan satu dengan yang lain
Struktur teks
Both Andi and Joko have come to join the contest. Deni is not only good person but also generous. Either Roni or Iwan will participate in the game……. 
Unsur kebahasaan
(1) Kata penghubung (pair conjunction) Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor.,
(2) tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
  Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

5. Teks lisan dan tulis tentang menyatakan keterkaitan/sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menjelaskan keterkaitan (sebab/akibat) suatu kejadian/peristiwa
Struktur teks
Farid didn’t go to school because of the rain. Jehan can speak English well do to learning contextually. Please say thank to your manager.
Unsur kebahasaan
(1) Kata penghubung sebab akibat (cause & effect) (Becuase of ..., due to ..., thanks to ...tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
  Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

6. Teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau (2x3jp)
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan keharusan untuk menyarankan dan mengingatkan.
Struktur teks
You should take a rest because you will have a test tomorrow. Anggi should have booked the ticket in advance.
Unsur kebahasaan
Kata kerja modal should dengan simple, continuous, dan perfect tense; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

7. Ungkapan Proverb   tulis dan lisan. (2x3jp)
Fungsi sosial
Menyatakan kebenaran dan memberi kan nasehat atau pesan moral dan teka teki .
Struktur teks
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa yang baku dalam proverb
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

8. Lagu (2x3jp)
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

Evaluasi: 3x3jp

Jumlah pertemuan: 19x3jp
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar